spot_img
4.6 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBanda AcehKopiah ‘Alam Peudeung’ Ala Syech Fadhil Kian Diminati Warga Aceh

Kopiah ‘Alam Peudeung’ Ala Syech Fadhil Kian Diminati Warga Aceh

Rekamfakta.com, BANDA ACEH – Peci atau Kopiah berwarna hitam dengan bendera Alam Peudeung berwarna merah kian diminati oleh warga di Aceh.

Hal ini disampaikan oleh sejumlah penjual souvenir Aceh kepada wartawan di sela-sela salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh, Jumat 18 Februari 2022.

“Sekarang kopiah Alam Peudeung termasuk yang cukup diminati di Aceh. Itu peci hitam dengan motif bendera Alam Peudeung berwarna merah. Banyak yang datang ke toko untuk membelinya. Tapi kami tidak tahu produksi siapa dan apakah ada didaftar mereknya,” kata Effendi, salah seorang perajin di Banda Aceh.

IMG 20220219 WA0016

Menurutnya, hampir setiap hari ada saja pengunjung yang datang ke tempat usahanya untuk mencari kopiah hitam dengan sulaman bendera Alam Peudeung.

Dirinya mengakui bahwa baru mengetahui keberadaan peci tersebut setelah bertanya-tanya ke sejumlah tokoh di Aceh. Kabarnya, kopiah ini mulai tenar sejak dipakai oleh salah seorang senator Aceh HM Fadhil Rahmi Lc MA.

“Peci ini cukup menarik karena bendera Alam Peudeung mirip dengan bendera Aceh sekarang tapi tidak memiliki garis hitam putih. Jadi berbeda,” katanya lagi.

“Mungkin karena mendekati puasa, jadi tradisi membeli peci sudah mulai berlangsung di Aceh dan Peci Alam Peudeung mulai trend,” kata Mustafa, penjual peci dan souvenir Aceh lainnya.

Sebagaimana yang diketahui, bendera Alam Peudeung adalah bendera Kerajaan Aceh Darussalam.

IMG 20220219 WA0017

Syech Fadhil sendiri kerap memakai kopiah Alam Peudeung dalam beberapa pertemuan di Aceh. Salah satunya di Muzakarah Ulama se-Aceh yang berlangsung di Kota Lhokseumawe beberapa waktu lalu.

Keberadaan Kopiah Alam Peudeung ini sempat menarik perhatian para ulama Aceh. Peci Alam Peudeung juga dipakai ketika mendampingi wakil komisaris utama BSI, TGB Zainul Majdi dan saat ketemu Wali Nanggroe, Malik Mahmud Al-Haytar.

*(0N4L/RF)*

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!