spot_img
4.6 C
New York
Rabu, September 28, 2022
BerandaDaerahBoalemoHamim Pou Dan Merlan Uloli Dukung Penuh Program Penanaman Pohon Dari PLN...

Hamim Pou Dan Merlan Uloli Dukung Penuh Program Penanaman Pohon Dari PLN UPDK Provinsi Gorontalo

Rekamfakta.com, Bone Bolango – Menurut penelitian bahwa salah satu manfaat Pohon adalah menahan laju Air dan Erosi, Pohon yang ada di hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah sekitar 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon meminimalisir erosi tanah, karena tanah yang tanpa pohon akan terkikis dan masuk ke aliran sungai yang menyebabkan terjadinya endapan.IMG 20211128 WA0011

Selain itu, Pohon juga berfungsi untuk menjaga kesuburan tanah, bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, maka saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi daya gerus air terhadap tanah.IMG 20211128 WA0008

Hamim Pou, S.Kom, MH selaku Bupati Bone Bolango pada acara penanaman Pohon bersama PLN UPDK mengatakan bahwa program ini sangat baik dan bagus, karena Pohon memberikan jaminan kehidupan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Bone Bolango.

“Pohon adalah sumber kehidupan karena menghasilkan oksigen, artinya melalui kegiatan penanaman pohon ini, PLN UPDK Gorontalo telah memberikan sebuah jaminan kehidupan kepada semua masyarakat yang ada di Kabupaten Bone Bolango, khususnya warga Pesantren Hubulo,” kata Hamim.

IMG 20211128 WA0031
Ridwan Monoarfa Mewakili Koperasi Binaan Kakak RG Bersama Pimpinan Pondok Pesantren Hubulo Rachmayanti Monoarfa Saat Menanam Pohon

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Bupati Hamim Pou yang khususnya pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Hubulo sebagai Alumni perintis ini sangat mendukung program penanaman bibit pohon buah tersebut, bahkan Hamim juga membuka pintu seluas-luasnya kepada PLN UPDK Gorontalo jika ingin melaksanakan kegiatan penanaman pohon di wilayah yang lain lagi di Kabupaten Bone Bolango.

“Saya sebagai Alumni pertama perintis Pesantren Hubulo yang merupakan Pesantren tertua di Provinsi Gorontalo, serta sebagai Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat mendukung penuh program kegiatan ini, karena manfaatnya sangat banyak, baik untuk PLN itu sendiri, serta masyarakat luas. sehingga, kami pun membuka pintu bagi PLN UPDK Gorontalo jika ingin menambah lokasi penanaman bibit pohon,” pinta Hamim.

IMG 20211128 WA0012
Para Siswa Pondok Pesantren Hubulo

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bone Bolango, Dr. Hj. Merlan S. Uloli. SE., MM menjelaskan bahwa pohon ini ibarat manusia, tumbuhnya keatas, sehingga harus terus dirawat dan tidak hanya sampai pada penanaman saja.

“Ibarat manusia, pohon ini tumbuh keatas, dan pertumbuhannya bergantung pada pemenuhan kebutuhannya terhadap pohon itu sendiri. Dalam artian, kita harus menjaga dan merawat pohon ini sehingga kedepan bisa mewujudkan cita-cita bersama untuk daerah dan masyarakat. Jangan berhenti cuma hanya sampai pada seremonial belaka,” pungkas Merlan.

IMG 20211128 WA0013
Manager PLN UPDK Gorontalo – Gatut Pujo Pramono

Sebagai penutup, Hj. Rachmayanti Monoarfa selaku Pimpinan Pondok Pesantren Hubulo mengucapkan terimakasih dan rasa syukurnya kepada PLN UPDK Gorontalo dan Pemda Bonbol yang telah menunjuk Pondok Pesantren Hubulo sebagai lokasi kegiatan penanaman Pohon Buah-buahan.

“Kelihatannya kegiatan Penanaman ini sangat sepele dan bisa dilakukan siapa saja. Tetapi sebenarnya ada makna kehidupan baru yang telah kita ciptakan bersama melalui kegiatan seremonial ini, karena kita sudah menanam kehidupan baru untuk kelangsungan hidup bagi yang lain. Air dan udara telah kita jaminkan bersama-sama melalui penanaman pohon ini, dengan demikian, kami sebagai bagian dari Pesantren Hubulo sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih,” beber Hj. Rachmayanti Monoarfa.

(0N4L/RF)

Baca Juga

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!