spot_img
4.6 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaDaerahProvinsi MalukuIni Sejarah Singkat Berdirinya SMK Kasih Theresia di Kabupaten Maluku Tenggara

Ini Sejarah Singkat Berdirinya SMK Kasih Theresia di Kabupaten Maluku Tenggara

Rekamfakta.com, Kabupaten Maluku Tenggara – Awal rencana pendirian SMK Kasih Theresia bermula sejak tahun 2015. Upaya pun dilakukan dengan cara mencari sumber informasi terkait dengan persyaratan pendirian sekolah baru.

Sebagai langkah awal pada bulan Januari tahun 2020 diputuskan untuk membuka Yayasan sebagai Yayasan Naungan dengan Nama Yayasan Kasih Antonius Maluku Tenggara dengan Nomor 03 Tahun 2020, Tanggal 9 Januari Tahun 2020; SK Pengesahan Kemenkumham Nomor AHU-0000603.AH.01.04 Tahun 2020 Tanggal 13 Januari 2020.

Pada September 2020 semua dokumen pendirian Sekolah Baru dianggap rampung berdasarkan Permendikbud No 36 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembukaan, Perubahan, Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Hal ini di ungkapkan oleh Amon Fautngiljanan selaku Pendiri SMK Kasih Theresia saat di temui media ini Selasa, 14/12/2021.

Pada bulan Oktober 2020 kami memasukan proposal Ijin Pendirian dan Ijin Operasional ke Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara kemudian tembusannya dikirim juga ke Dinas Pendidikan Provinsi Maluku serta Dinas PMPTSP Provinsi Maluku.

167ffa9a Cc48 46e9 8139 30a765b9881b

“Proses Verifikasi berkas dilakukan hingga April 2021 Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara melakukan studi kelayakan I (satu), dari hasil studi kelayakan ternyata ada beberapa hal yang masih kurang. Akhirnya pada Mei 2021, dilakukan kelengkapan dokumen yang dinyatakan masih kurang dan selanjutnya pada tanggal 5 Juni 2021 dari Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara melakukan Studi Kelayakan II (dua) dan dianggap telah lengkap”. Lanjutnya

Lebih lanjut, Sesuai hasil studi kelayakan II (dua) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara menerbitkan Rekomendasi dengan Nomor: 420/052/2021 tanggal 11 Juni 2021.

Dari rekomendasi yang ada, selanjutnya ditindak lanjut untuk mengurus Ijin Pendirian dan akhirnya tepat tanggal 6 Juli 2021 Ijin Pendirian diterbitkan dan Setelah itu pada bulan Agustus 2021 Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) diterbitkan dengan Nomor : 70011890 serta telah mengaktifkan Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
Mengingat sesuai kalender pendidikan, waktu untuk proses penerimaan siswa baru telah terlewati maka kami meminta kebijakan dari Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Maluku Tenggara untuk proses Penerimaan Siswa Baru dan Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tahun Pelajaran 2021/2022.

“Akhirnya pada tanggal 25 September 2021 SMK Kasih Theresia memulai dengan proses pembukaan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus serta penandatanganan Berita Acara Penyerahan SK Ijin Pendirian dan Penetapan Kepala Sekolah pertanda SMK Kasih Theresia siap untuk beroperasi”. Tuturnya

Untuk diketahui, SMK Kasih Theresia Memiliki 2 (dua) Kompetensi Kejuruan yakni : Usaha Perjalanan Wisata dan Ekonomi Perbankan. Kedua Kompetensi tersebut dibuka sesuai dengan kondisi geografis daerah dan Wilayah Kepulauan Kei.

F3af36da Cc2e 4ff3 B7f0 0377a0ecfd94
Perlu juga disampaikan bahwa SMK Kasih Theresia mendapat dukungan dari ASITA, Pata Indonesia, PHRI Provinsi Maluku, BPPD Maluku Tenggara, PT. PELNI Cab. Tual, Rumah BUMN PT. Telkom Cab. Tual/Langgur, Bank Mandiri Cab. Langgur, LPP RRI Tual, Pengelola Wisata Bukit Indah, Pengurus APDW dan Nngurbloat Beach, Komunitas Exotikei, Dinas Pariwisata Malra, Times Indonesia, Paroki Hati Kudus Yesus Bombay Dan semua Tokoh Pemerintahan Ohoi serta masyarakat Hoar Ngutru Sebagai kelengkapan persyaratan Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

SMK Kasih Theresia Memiliki 2 Kompetensi Keahlian :
1. Usaha Perjalanan Wisata
2. Perbankan dan Ekonomi Mikro.

Fautngiljanan juga mengatakan bahwa Dalam proses pengembangannya kami selaku pendiri SMK Kasih Theresia sangat membutuhkan uluran tangan baik dari Pemerintah Daerah, Legislatif maupun dari siapa saja guna mencerdaskan anak bangsa serta siapa saja yg membantu kami.
Dengan penuh harap juga SMK Kasih Theresia dapat mengatasi rentang kendala selama ini dihadapi anak-anak sekolah diwilayah Hoar Ngutru baik dengan mahalnya Biaya Transportai, Jarak Tempuh, kemungkinan terjadi konflik, kurangnya pengawasan orang Tua yang berdampak pada peningkatan angka putus sekolah

Selanjutnya, Selain dari 2 komptensi Keahlian yang ada, siswa juga dibekali dengan Tiga kursus sebagai kegiatan ekstrakulikuler yakni kursus bahasa inggris, publik speaking dan komputer.
Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa mereka jg punya ketrampilan lain.
Jadi ketika mereka ada di kelas 12 akan akan dilakukan Ujian komptensi baik untuk komptensi yang dipilih maupun 3 kegiatan kursus maksud.

“Jadi anak – anak ini mereka tamat tidak hanya ijazah saja tetapi juga diberikan penghargaan berupa sertifikat, baik sertifikat kompetensi maupun kursus tersebut guna sebagai dokumen pendukung ketika mereka mencari kerja maupun kepentingan lanjut kuliah. Tandasnya

Erick/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!