spot_img
4.6 C
New York
Rabu, September 28, 2022
BerandaDaerahKota GorontaloHanya Unisan, Kampus Swasta di Gorontalo Yang Ikuti dan Lolos Program PMM-MBKM

Hanya Unisan, Kampus Swasta di Gorontalo Yang Ikuti dan Lolos Program PMM-MBKM

4 / 100

Rekamfakta.com, Kota Gorontalo – Mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo terpilih mengikuti salah satu Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Program ini digarap langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membuka ruang bagi para mahasiswa agar merasakan perbandingan kuliah di perguruan tinggi yang berada di pulau lain.

Selain untuk memperkuat dan menambah kompetensi mahasiswa, program ini juga dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang mampu bergaul dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme.

PMM-MBKM ini memungkinkan terjadinya pertukaran mahasiswa antar pulau baik dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun sebaliknya.

Dalam program ini juga, mahasiswa akan mendapatkan bantuan biaya bagi peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Adapun Sumber pembiayaan program ini berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I, dan juga bisa bersumber dari kampus pengirim, kampus penerima,dan kampus mitra.

Pada seleksi tahun ini, hanya Unisan kampus swasta di Gorontalo yang mengikuti PMM-MBKM dan lulus di program ini.

Rektor Unisan Gorontalo Dr. Abdul Gaffar Latjoke, M.Si melalui Wakil Rektor 3 (Wr3) bidang kemahasiswaan Dr. Kingdom Makkulawuzar SHI.,MH kepada media mengatakan, pertukaran mahasiswa ini merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

” Program ini diperuntukkan untuk mahasiswa, dimana ada yang namanya merdeka belajar atau kampus merdeka, dan terdapat beberapa skema dalam program merdeka belajar kampus merdeka, salah satunya yang di ikuti mahasiswa kami adalah skema pertukaran pelajar ” ucap Kingdom saat diwawancarai di aula Fakultas Hukum Unisan, Jumat, (13/08/2022).

Kingdom juga menjelaskan, pertukaran mahasiswa ini juga bertujuan untuk lebih memperluas kompetensi dari mahasiswa itu sendiri.

” Pada prinsipnya, melalui pertukaran mahasiswa ini, mereka bisa saling menyerap kapasitas dan ke ilmuan masing-masing ” Jelas Kingdom.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Dr. Rush mulyadi. SH.MH juga mengucapkan rasa syukur atas terpilihnya mahasiswa dari Fakultas Hukum untuk mewakili kampus Unisan dalam program pertukaran mahasiswa.

” Saya merasa bersyukur dengan adanya program ini, Alhamdulillah dari seluruh Universitas Swasta yang ada di Gorontalo
Mahasiswa kami terpilih menjadi salah satu yang mewakili Gorontalo “, Jelasnya.

Dirinya juga mengatakan apresiasi yang luar biasa kepada Adhisian Pratama Yasilu, mahasiswa yang akan mengikuti pertukaran mahasiswa di Universitas Syiah Banda Aceh.

” Selaku Dekan Hukum, saya merasa bangga dan sangat mengapresiasi keberhasilan mahasiswa saya” Tutup Dekan Hukum.

Rachmad/RF

Baca Juga

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!