spot_img
4.6 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaDaerahBoalemoProgram PISEW Dari Aspirasi Rachmat Gobel Membuka Lapangan Kerja Baru Ditengah Pandemi...

Program PISEW Dari Aspirasi Rachmat Gobel Membuka Lapangan Kerja Baru Ditengah Pandemi COVID-19 Di Desa Dambalo

Rekamfakta.com, Kabupaten Pohuwato – Program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) memiliki tujuan yaitu meningkatkan pengembangan sosial ekonomi wilayah berbasis pada potensi Sumber Daya Lokal untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur wilayah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

Apalagi ditengah morat maritnya ekonomi warga akibat dampak Wabah Virus Corona atau Pandemi Covid-19, ternyata masih ada ruang bagi industri padat karya untuk membangun ekonomi masyarakat sekitarnya.

IMG 20211211 WA0012
Papan Informasi Proyek Program PISEW Di Desa Dambalo

Kabupaten Pohuwato sendiri mendapatkan Program PISEW dari hasil perjuangan Wakil Ketua DPR-RI DR. H. Rachmat Gobel yang melobby Kementerian PUPR melalui Dirjen Cipta Karya dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Gorontalo untuk dibagi ke beberapa Kecamatan dan Desa yang ada di Kabupaten Pohuwato, antara lain Desa Tunas Jaya, Desa Dambalo, Desa Botungale, dan masih banyak lagi dengan jumlah total sebanyak 18 Desa yang diusulkan dengan anggaran 600 juta setiap Desa.

Kepala Desa Dambalo Romin Mantulu saat dikunjungi oleh Mikson Yapanto selaku Staf Ahli Rachmat Gobel mengungkapkan bahwa Program PISEW ini sangat disambut baik oleh warga karena dinilai banyak memberikan manfaat dan juga telah menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat sekitar.

IMG 20211211 WA0007
Mikson Yapanto Foto Bersama Warga Dambalo Di Tengah Jalan Rabat Beton Yang Baru Selesai Dikerjakan Dari Program PISEW

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Rachmat Gobel yang telah memberikan dan mempercayakan Program PISEW kepada Desa Dambalo, Alhamdulillah dengan adanya program ini, hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat, terutama masalah jalan yang sulit dilalui kendaraan roda empat dan roda dua serta Bentor, Alhamdulillah saat ini sudah teratasi dengan baik,” ungkap Romin.

Pasalnya, Program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat berupa jalan rabat beton tersebut, sangat menunjang akses Pendidikan, Pertanian, Perkebunan, Nelayan dan Ekonomi Pariwisata serta memberikan sumbangsih nyata dalam peningkatan ekonomi masyarakat di desanya di saat Pendemi COVID-19.

IMG 20211211 WA0006
Salah Satu Warga Desa Dambalo

“Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Rachmat Gobel, karena dengan Program PISEW, masyarakat bisa diberdayakan dan bekerja di dalam program ini sehingga bisa menambah penghasilan mereka ditengah Pandemi COVID-19,” pungkas Romin Mantulu.

Ditempat yang sama, Staf Ahli Rachmat Gobel, Mikson Yapanto menjelaskan bahwa tujuan Program PISEW ini adalah untuk menyediakan dan meningkatkan infrastruktur dengan pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan agar dapat meningkatkan sosial ekonomi wilayah.FB IMG 1639172399944

“Manfaat ekonominya juga sangat baik untuk masyarakat, karena ini programnya padat karya. Program Pisew ini menyerap banyak tenaga kerja dari warga lokal sekitar dan telah memberikan berkah tersendiri bagi warga setempat, karena digulirkan diwaktu yang tepat, yakni pada saat masyarakat tengah kesulitan mencari pekerjaan akibat Pandemi COVID-19,” ujar Mantan Anggota DPRD Provinsi Gorontalo ini.

FB IMG 1639172521642
Mikson Yapanto Foto Bersama Kismat Wakiden (Kepala Desa Botungale)

Menurut Mikson, Sasaran kegiatan Program PISEW ini meliputi terbangunnya infrastruktur dasar skala Wilayah Kecamatan guna mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal, berdasarkan potensi atau komoditas unggulan, yang dapat berupa infrastruktur transportasi, infrastruktur air minum dan sanitasi, infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri.

FB IMG 1639172532209
Papan Informasi Proyek Program PISEW Yang Ada Di Desa Botungale

“Program PISEW ini juga meningkatkan infrastruktur prasarana pendukung pemasaran Pertanian, Peternakan, Perikanan, Industri dan pendukung kegiatan Pariwisata, sehingga berdampak pada peningkatan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan, karena telah mendayagunakan sumber daya dan tenaga kerja lokal dalam pembangunan,” tutup Putra Asli Torsiaje ini.

(0N4L/RF)

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!