spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahBoalemoDinas Pendidikan Maluku Tenggara Gelar Penyusunan Silabus Muatan Lokal Jenjang TK/PAUD, SD...

Dinas Pendidikan Maluku Tenggara Gelar Penyusunan Silabus Muatan Lokal Jenjang TK/PAUD, SD Dan SMP

Rekamfakta.com, Kabupaten Maluku Tenggara – Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar kegiatan Penyusunan Silabus Muatan Lokal Jenjang TK/PAUD, SD, dan SMP tahun 2021.

Untuk jenjang pendidikan SD dan SMP Kegiatannya dipusatkan di SD Mathias III Langgur B yang direncanakan berlangsung selama tiga hari dimulai pada hari Senin 29 November sampai dengan Rabu 1 Desember 2021, sedangkan untuk jenjang pendidikan TK/PAUD Kegiatannya dipusatkan di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Maluku Tenggara selama Dua Hari yakni tanggal 29 – 30 November 2021. Pembukaan kegiatan yang dimuali senin kemarin (29/11) itu dihadiri langsung oleh Plt. Kadis Pendidikan Malra.

Kadis Pendidikan Malra Umar Hanubun, S.Pd pada pembukaannya menerangkan, jika kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dalam mengembangkan kurikulum jenjang TK/PAUD, SD dan SMP sesuai dengan kebijakan Nasional dan kebutuhan Daerah, sehingga akan memberikan manfaat besar dimasa depan, seperti meningkatkan mutu dan kualitas satuan, meningkatkan pendidik dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum TK/PAUD, SD dan SMP berbasis muatan lokal dan meningkatkan kompetensi peserta didik baik kemampuan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Hanubun juga mengatakan bahwa tujuan lain dari kegiatan ini adalah, untuk memperolehan dan konsep pelaksanaan kurikulum dan untuk mewujudkan kesiapan pendidik dalam merancang, melaksanakan dan melaksanakan proses pembelajaran dan memberikan pemahaman kepada guru dalam menjalankan, melaksanakan untuk lebih kreatif dalam penyelenggaraan program pendidikan.

IMG 20211201 WA0033
Plt Kadis Pendidikan Maluku Tenggara, Umar Hanubun, S.Pd Saat Senyampaikan Sambutan

Diingatkan Hanubun bahwa salah satu hal yang menentukan dalam keberhasilan pendidikan pada lembaga Masing-masing adalah kurikulum berbasis muatan lokal yang baik dan relevan serta mampu diimplementasikan dalam proses pembelajaran di Masing-masing Jenjang.

“Penyusunan Silabus Muatan Lokal perlu dilakukan satuan pendidikan yang formal maupun non formal pada setiap awal tahun ajaran baru, karena kurikulum juga sebagai bahan utama dalam akreditas satuan pendidikan”. Tutur Plt Kadis Pendidikan

“Saya minta kesempatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam menyerap ilmu narasumber,” Pintanya

Sementara di lokasi yang sama, Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Irna Lorence Safsafubun, M.Pd selaku Ketua Panitia kegiatan, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan Silabus Muatan Lokal Kabupaten Maluku Tenggara ini dilakukan sebagai langka penguatan dan penyempurnaan dari dua kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan, sehingga konsep kurikulum muatan lokal hasilnya nanti dapat digunakan atau dilaksanakan di setiap satuan pendidikan.

“ Kiranya kegiatan ini dapat mengenalkan dan mewariskan nilai karakteristik dari Budaya Kei kepada peserta didik, sekaligus untuk mengembangkan sumberdaya yang ada di Daerah ini, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan Daerah Kabupaten Malra kedepan,” Ucapnya

Diakhir Laporannya Irna Lorence berharap agar Kegiatan Penyusunan Silabus Muatan Lokal ini dapat melahirkan hasil yang diharapkan yakni, tersusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum Muatan Lokal oleh para Guru di sekolah serta terbentuknya kurikulum muatan lokal yang dapat di implementasi oleh semua jenjang pendidikan yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara

Perlu diketahui juga bahwa Pada kegiatan tersebut menghadirkan tiga naraumber yaitu yntuk jenjang pendidikan SD, Drs. Heni Waluyo Siswanto, M.Pd, Untuk jenjang Pendidikan SMP, Dr. Lambas, M.Sc, serta untuk jenjang Pendidikan TK/PAUD adalah Drs. Julius Juih, M.Pd, M.Pd

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 152 Peserta, yang terdiri dari 35 peserta dari Tim Pengembang, 42 peserta dari jenjang pendidikan TK/PAUD, 50 Peserta dari jenjang pendidikan SD dan 25 Peserta dari jenjang pendidikan SMP.

Para peserta Penyusunan silabus muatan lokal tersebut merupakan perwakilan dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara.

(Erick/RF)

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!