spot_img
4.6 C
New York
Rabu, September 28, 2022
BerandaDaerahBoalemoDukung Usaha UMKM, Rachmat Gobel Beli 6 Unit Replika Robot Dari Pengrajin...

Dukung Usaha UMKM, Rachmat Gobel Beli 6 Unit Replika Robot Dari Pengrajin Barang Bekas Di Yogyakarta

Rekamfakta.com, Yogyakarta – Wakil Ketua DPR-RI DR. H. Rachmat Gobel memang patut diacungi 1000 jempol dan sangat pantas menjadi Wakil Rakyat, betapa tidak, ketulusan dan perhatiannya terhadap rakyat kecil dan UMKM sungguh membuat banyak orang yang takjub dan kagum, sangat sulit untuk di ikuti oleh orang lain, karena jika kita mau belajar ikhlas, maka kita harus belajar dari sosok Rachmat Gobel.

Walaupun bukan daerah pemilihannya, Jumat siang tadi (03/12/2021), Rachmat Gobel yang akrab disapa Kakak RG ini mengunjungi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta hanya untuk melihat langsung seorang Seniman barang bekas yang sudah viral yang bernama Eri Sudarmono (42), warga Padukuhan Kauman yang tinggal di Kelurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul.

IMG 20211204 020255
DR. H. Rachmat Gobel Foto Bersama Eri Sudarsono Dan Robot Hasil Buatannya

Kunjungan Rachmat Gobel ini tidak lain sebagai bentuk dukungan dan apresiasinya terhadap usaha Bengkel Kreatif dari Eri Sudarmono yang menyulap Motor Tua menjadi Replika Robot, dimana usaha Eri Sudarmono masih bisa bertahan ditengah serangan Pandemi COVID-19 yang merusak semua sendi-sendi ekonomi di Indonesia, bahkan di seluruh Dunia.

Sesampainya di kediaman Eri yang sekaligus menjadi Workshop-nya yang bernama Er Studio Art, Rachmat Gobel disambut hangat oleh Eri Sudarmono beserta pegawainya. RG pun langsung diperlihatkan dan berfoto dengan sejumlah robot buatan Eri.

“Saya sangat mengapreasiasi Pak Eri dan kawan-kawannya yang mempunyai ide-ide yang sangat Brilian dan menjadikan barang-barang rongsokan menjadi produk Art atau Seni yang tentunya memiliki nilai atau harga jual,” kata Putra daerah asli Gorontalo ini.IMG 20211204 021103

Rachmat Gobel menambahkan bahwa apa yang dilakukan Eri bersama pegawainya ini perlu mendapat perhatian dari Pemerintah dalam hal ini Perbankan, misalnya melalui program KUR, agar produksi UMKM milik Eri dan pegawainya ini bisa lebih besar dan berkembang serta berkualitas.

“Apa yang dilakukan Pak Eri ini bisa menjadi motivasi bagi para pengrajin-pengrajin yang lainnya dalam mengubah barang yang tadinya tidak dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki value atau nilai,” ucap Rachmat Gobel penuh harap.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap UMKM, pada kesempatan itu juga Rachmat Gobel bukan hanya berkunjung, tapi ia juga langsung memesan produk robot karya anak bangsa ini.IMG 20211204 020901

“Saya juga tadi sudah pesan 6 robot, saya ingin mempromosikan karya-karya beliau sehingga bisa membuka mata bagi yang lain, jika Pak Eri bisa, maka anak bangsa yang lain pun pasti bisa,” tegas RG.

Sekedar informasi, Edi Sudarmono bersama pegawainya ini setiap harinya merubah Motor bekas menjadi Robot yang diekspor sampai ke Negaran Jerman dan Negara China.

Disamping itu, Eri Sudarmono ini mempunyai modal lulusan Seni, karena sebelumnya Eri pernah mengenyam pendidikan di jurusan Seni Kriya Logam Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tahun 1999.B

IMG 20211204 021505
Robot Yang Sudah Jadi Dan Siap Dipasarkan

Harga replika robot buatan Eri bervariasi dan tergantung kesulitannya. Adapun harga satu unit sekitar Rp. 25 juta sampai Rp. 60 juta dan tergantung detailnya dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Dari segi pemasaran, Eri mengaku pembelinya masih didominasi dari Luar Negeri. Akan tetapi semenjak buah karyanya telah viral kemana-mana, pembelinya sekarang sudah ada yang lokalan dari berbagai Kota di Indonesia, sudah mulai banyak yang melirik, seperti pembeli dari Jakarta, Surabaya, hingga dari Sulawesi.

Sementara itu, ditempat berbeda, Staf Ahli RG Mikson Yapanto saat dihubungi melalui sambungan telepon menyampaikan bahwa pesanan 6 Unit Robot dari Kakak RG ini rencananya akan dipamerkan juga di Provinsi Gorontalo sebagai tambahan pelengkap fasilitas yang ada di PAUD dan Ruang Belajar KKRG di Limboto.IMG 20211204 021358

“Kakak RG akan membawa 6 Unit Robot ini ke Gorontalo sebagai tambahan pelengkap Fasilitas yang ada di PAUD dan Ruang Belajar KKRG yang berada di Limboto, bisa juga sebagai bahan wisata gratis atau sebagai latar untuk berswa foto untuk anak-anak,” pungkas Putra Asli Torsiaje ini.

(0N4L/RF)

Baca Juga

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!