spot_img
4.6 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaDaerahKota GorontaloKota Gorontalo Masuk Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah

Kota Gorontalo Masuk Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah

Rekamfakta.com, Kota Gorontalo – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI menjadikan Pemerintah Kota Gorontalo masuk dalam Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah di tahun 2022.

“Dari informasi terakhir yang kami peroleh, Kota Gorontalo satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang lolos pada ajang penghargaan PPD 2022, dari 2 daerah yang diusulkan,” ucap Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan Ahli Muda Bapppeda Kota Gorontalo, Dian Rahayu Maku, Selasa (15/3/2022).

Masuknya Pemerintah Kota Gorontalo dalam nominasi tidaklah mudah, sejumlah mekanisme yang ditetapkan panitia harus dilalui.

“Mulai dari hasil nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), inovasi yang dilahirkan, penghargaan dari BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah yakni WTP, Termasuk juga dokumen perencanaan pembangunan daerah. Semua mereka (Bappenas) mintakan. Dan itu bukan hanya kami saja, seluruh daerah juga dimintakan hal yang sama,” ujarnya.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, lanjut Dian, Kota Gorontalo bersama daerah lain mengikuti sesi wawancara yang dilaksanakan Pemprov Gorontalo.

“Pada wawancara tersebut, ibu Kaban Bapppeda yang diwawancarai. Hasilnya diserahkan Pemprov Gorontalo kepada Bapppenas,” paparnya.

Tak lama dari penyerahan hasil tersebut, kata Dian, pihaknya mendapatkan pemberitahuan dari Bappenas untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu menginput dokumen permintaan dari Bappenas terkait dokumen perencanaan, baik lima tahunan, maupun perencanaan tahun 2022.

“Alhamdulillah, kami dinyatakan lulus ditahap itu dan selanjutnya mengikuti tahap II yaitu wawancara. Tahap II ini dilaksanakan pagi tadi, dimana pak wali kota diwawancara dari sekretariat kabinet, Bappenas, dan tim ahli dari perguruan tinggi ternama, serta Bappenas,” Jelas Dian.

Adapun yang dipaparkan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, pada tahap wawancara yakni gambaran umum daerah, visi dan misi RPJMD 2019-2024, aspek pencapaian pembangunan, perkembangan ketenagakerjaan, kondisi kemiskinan, indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan Kota Gorontalo, dan lain sebagainya.

Jika nantinya dinyatakan lolos dalam tahap II, menurut Dian, pihaknya akan mengikuti tahap III, dimana Bappenas akan melihat langsung dilapangan apa yang dipaparkan pada tahap II benar atau tidak.

“Waktunya kami belum tahu. Bahkan, mereka datang nanti tanpa ada pemberitahuan kepada kami. Karena mereka tidak mengeluarkan jadwal resmi,” pungaksnya.

Tim/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!