spot_img
4.6 C
New York
Kamis, September 29, 2022
BerandaDaerahProvinsi MalukuPeringati Hardiknas, Dinas Pendidikan Malra Gelar Jalan Santai Dan Aksi Peduli Lingkungan

Peringati Hardiknas, Dinas Pendidikan Malra Gelar Jalan Santai Dan Aksi Peduli Lingkungan

RekamFakta.com, Maluku Tenggara – Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Dinas Pendidikan bersama OPD Kabupaten Maluku Tenggara gelar kegiatan jalan santai dan aksi peduli lingkungan.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat 13/05 /2022 di depan kantor camat Kei-Kecil Maluku Tenggara.

Kegiatan ini melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Maluku Tenggara serta para Guru, Pengawas, Para Kepala Sekolah, dan Pelajar se kabupaten Malra.

Jalan santai ini dilepas oleh Bupati Malra M. Thaher Hanubun dengan mengibarkan bendera Start dan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Malra Umar Hanubun, Kepala Dinas Cabang Pendidikan Provinsi Maluku.

Dalam Arahan singkatnya Bupati Malra M. Thaher Hanubun menegaskan, peringatan Hardiknas di Maluku Tenggara tetap diselenggarakan meski hari peringatannya sudah lewat.

“Biar sudah lewat, tapi kita harus memperigatinya karena tanpa pendidikan, kita tak mungkin jadi apa-apa,” ujar Bupati dalam arahannya sebelum membuka kegiatan jalan santai.

Ia menambahkan, lingkungan pendidikan harus terjaga bersih. “Bersih hati, jiwa dan hal apa pun”. Hal ini dikatakan Bupati seiring tema yang diusung dalam kegiatan jalan santai dan aksi peduli lingkungan serentak bergerak wujudkan lingkungan sehat menuju Maluku Tenggara Hebat.

Jalan santai terpantau meriah dengan diikuti oleh ratusan peserta dan dipandu oleh iringan marching band dari SMP Santa Theresia Langgur dengan rute satart dari Depan kantor camat Kei – Kecil Langgur menuju Jl. Jenderal Soedirman lurus ke SD Inpres Ohoijang Watdek belok kiri menuju RSUD Karel Saidsuitubun kemudian belok kanan lagi kembali menuju Jl. Jenderal Soedirman selanjutnya belok kanan dan finish di halaman kantor Dinas Pendidikan Malra.

Bupati bersama Peserta pun terlihat memungut sampah di sepanjang jalan yang dilalui.

Saat ditemui di ruang kerjanya Kepala Dinas Pendidikan Maluku Tenggara Umar Hanubun, S.Pd mengatakanan bahwa Hardiknas tahun ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri dan periode cuti bersama Lebaran. Oleh karena itu, sesuai Surat Edaran Kemenristek, upacara peringatan Hardiknas digeser pada 13 Mei 2020 bukan tanggal 2 Mei 2022 seperti biasanya.

IMG 20220514 WA0022
Kadis Pendidikan Malra Umar Hanubun, S.Pd saat ditemui wartawan diruang kerjanya usai kegiatan jalan santai

Sementara di Maluku Tenggara, upacara peringatan Hardiknas direncanakan baru akan diselenggarakan pada 20 Mei 2022 mendatang. Upacara Hardiknas tersebut nantinya bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Pelaksanaan upacara Hardiknas di Malra diundur hingga tanggal 20 Mei 2022, bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.” Jelas Hanubun

“Hal ini karena agenda kegiatan pemerintahan dan umum lainnya di Kabupaten Maluku Tenggara dalam beberapa minggu terakhir ini sangat padat,” sambungnya kepada wartawan di ruang kerja Kantor Dinas Pendidikan Malra usai kegiatan.

Lebih lanjut, Hanubun mengungkapkan bahwa pihak Dinas Pendidikan Malra bersama PGRI Malra telah mencanangkan berbagai kegiatan seleksi bakat siswa pada momentum peringatan Hardiknas 2022 ini.

Hanya saja, menurut Dia, kegiatan-kegiatan tersebut tidak dapat terlaksana karena diperhadapkan dengan masa puasa lebaran serta Pihaknya juga masih harus berfokus pada urusan kedinasan.

“Kegiatan-kegiatan itu pasti akan dilaksanakan, rencananya berlangsung di November 2022 bertepatan dengan HUT PGRI dan juga pihaknya Akan mendatangkan Para Ahli dalam bidang Pendidikan untuk memberikan seminar tentang pendidikan,” bebernya.

Ia menyebut kegiatan Hardiknas di Malra diprakarsai oleh PGRI, dan melibatkan semua elemen satuan pendidikan baik TK hingga SMA/Sederajat. Menurutnya, kebersamaan dan kesatuan perlu dikedepankan untuk memajukan pendidikan di Bumi Larvul Ngabal.

“Selama ini kami merasa ada jarak diantara satuan pendidikan, baik yang bernaung dibawah Dinas Pendidikan Malra dengan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku maupun di kalangan Kementerian Agama. Sehingga kebersamaan antar berbagai satuan pendidikan perlu dipupuk kembali melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,”Tandasnya.

Erick/RF

Baca Juga

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!