spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahBoalemoSambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Pemkab Boalemo Gelar Dzikir...

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Pemkab Boalemo Gelar Dzikir Bersama

6 / 100

Rekamfakta.com , Kabupaten Boalemo – Tibalah umat islam di Tahun Baru, 1 Muharram 1444 Hijriah. Tahun Baru Islam tentu memiliki makna yang penuh arti dan merupakan suatu hari yang penting bagi umat muslim.

Betapa tidak, Tahun Baru Islam menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah.

Dengan menyambut Tahun Baru Islam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo
menggelar Dzikir bersama di Masjid Agung Baiturrrahman Desa Hungayonaa Kecamatan Tilamuta, Pada Jumat 29/7/2022

Selain Penjabup Boalemo Dr. Hendriwan M.Si, Kapolres Boalemo AKBP. Dedy Herman, S.IK, Kajari Boalemo Ahmad Muchlis, SH.,MH , Staf Ahli Bupati, Seluruh Pimpinan OPD, ASN dan Masyarakat juga ikut melaksanakan Dzikir dan mendengarkan Ceramah Agama oleh Ustadz Luqmanul Hakim, Lc.

Pada pelaksanaan dzikir bersama itu, Penjabup Boaleme menyampaikan bahwa, Peringatan tahun baru Islam hijriah harus dimaknai sebagai momentum muhasabah atau intropeksi diri. “ Sebagai umat islam seharusnya kita mampu meneladani konsep hijrah Rasulullah SAW.” Ucap Penjabup

Sehingganya, sebagai pemerintah, Dirinya juga mengajak masyarakatnya agar merenungi sabda Rasulullah SAW yakni : ” Barang siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, maka dia termasuk orang yang beruntung, barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka dia adalah orang yang merugi, dan barang siapa yang hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka dia terlaknat.”

“ Saya berharap, peralihan tahun baru 1444 hijriah ini, mari kita jadikan sebagai momentum untuk melihat kembali catatan perjalanan masa lalu yang telah kita perbuat. Mudah-mudahan melalui tahun baru 1444 hijriah dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amiiin, ” Pintanya

RF/Adv

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!