spot_img
4.6 C
New York
Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBencana AlamUPTD Lab Veteriner & Bidang Peternakan Distan Provinsi Bersama Dinas Peternakan Kabgor...

UPTD Lab Veteriner & Bidang Peternakan Distan Provinsi Bersama Dinas Peternakan Kabgor Lakukan Vaksinasi Rabies Di Kecamatan Pulubala

Rekamfakta.com, Kabupaten Gorontalo – Rabies (penyakit anjing gila) merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas yang disebabkan oleh virus rabies yang ditularkan melalui saliva (Anjing, Kucing, Kera) dengan jalan gigitan atau melalui luka terbuka.

Perlindungan vaksin sebaiknya juga diberikan pada hewan peliharaan yang berisiko terinfeksi seperti Anjing dan Kucing. Hal ini juga termasuk dalam upaya pencegahan rabies pada manusia. Vaksinasi untuk hewan peliharaan bisa mulai dilakukan saat hewan berumur minimal sudah 3 bulan. Setelahnya, 1 dosis vaksin lanjutan (booster) akan diberikan sekali setiap tahunnya.

Berangkat dari hal tersebut, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Veteriner dan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo bersama Dinas Peternakan Kabupaten Gorontalo melaksanakan Vaksinasi Rabies pada Selasa kemarin, (08/02/2022) di Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo DR. Ir. Muljady D. Mario saat diwawancarai melalui Kepala Lab Ir. Agustina Lady Kilapong, M.Ec.Dev mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi rabies di Kecamatan Pulubala itu dalam rangka tindak lanjut kasus gigitan anjing yang hasil pemeriksaannya positif.

“Jadi kegiatan Vaksinasi Rabies ini atas perintah Kadis Pertanian Provinsi Gorontalo, kami UPTD Lab Veteriner Bidang Peternakan Distan Provinsi bersama-sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Gorontalo turun melakukan vaksinasi semua Hewan Pembawa Rabies (HPR) yang ada di Kecamatan Pulubala dan sekitarnya,” jelas Agustina didampingi oleh drh. Fenny Rimporok.

Menurutnya, Vaksinasi Rabies ini dilakukan untuk mencegah agar Virus Rabies tidak meluas ke wilayah-wilayah lain disekitarnya, serta untuk memutus mata rantai penularan Penyakit Rabies.

“Rabies adalah penyakit menular yang dapat dicegah dengan memberikan Vaksin Rabies pada hewan peliharaan anda setiap 1 tahun sekali, segera melapor ke Puskesmas / Rumah Sakit terdekat bila digigit oleh hewan tersangka rabies untuk mendapatkan Vaksin Anti Rabies (VAR). Segera laporkan ke kami bila menemukan hewan dengan gejala Rabies, dan jangan melepas hewan piaraan anda berkeliaran di alam bebas,” tutup Ir. Agustina Lady Kilapong, M.Ec.Dev.

(0N4L/RF)

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!