spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahProvinsi Maluku30 Mahasiswa Calon MENWA Unpatti Ikuti DIKLATSAR di Lantamal IX Ambon

30 Mahasiswa Calon MENWA Unpatti Ikuti DIKLATSAR di Lantamal IX Ambon

RekamFakta.com, Maluku – Mahasiswa Universitas Pattimura (UNPATI) mengikuti Pendidikan Dan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Yudha XLVI Bataliyon 01 Pattimura Tahun 2022 dengan tema “Membangun Generasi Tangguh Yang Berjiwa Maritim dan Berkarakter Pancasila”.

Pelaksanaan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Unpatti akan berlangsung selama Tujuh hari terhitung dari tanggal 14 – 20 Februari 2022 diawali dengan upacara pembukaan yang bertempat di Lantamal IX Ambon 14 Februari 2022.

IMG 20220218 WA0027

Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Komandan Brigadir Jenderal TNI Said Latuconsina, SE., MM, MT dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti, Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama IAIN Ambon, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpatti, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kedokteran Unpatti, Wakil Komandan, para Pejabat Utama, dan Kasatker dalam lingkup Lantamal IX.

Dalam Arahnya Komandan Brigadir Jenderal TNI Said Latuconsina mengatakan Latihan Dasar adalah wadah untuk melatih anggota MENWA agar memiliki semangat, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap dan perilaku rela berkorban kepada negara, cinta kepada tanah air dan bangsa, berwawasan kebangsaan, serta memiliki jiwa persatuan dan kesatuan yang kuat dalam upaya bela negara.

IMG 20220218 WA0029

“Melalui Latihan Dasar ini diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda sebagai penerus bangsa yang pantang menyerah, memiliki jiwa Bahari dan Nasionalisme sesuai dengan nilai-nilai Pancasila”. Ucapnya

Lanjut, Menurutnya dari aspek Geostrategi bahwa jati diri Bangsa Indonesia sebagai Negara Kepualuan terbesar di dunia dengan 2/3 wilayahnya merupakan lautan, sehingga masa depan bangsa tergantung pada laut yang merupakan modal dasar pembangunan.

“Hal ini selaras dengan program pemerintah, yakni menjadikan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia dimana nilai-nilai Wawasan Nusantara membangkitkan aktualisasi pembangunan bangsa dan menempatkan pembangunan kelautan secara proporsional dalam tatanan pembangunan secara menyeluruh” ujarnya.

IMG 20220218 WA0024

Ia juga berharap kegiatan ini akan menumbuhkan kembali Visi Maritim Bangsa melalui langkah-langkah strategi yang perlu direncanakan secara konseptual.

Diakhir sambutanya Brigjen Latuconsiana mengucapkan terimaksih kepada Rektor Universitas Pattimura dan pembina MENWA yang mempercayakan pelaksanaan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Yudha XLVI Bataliyon 01 Pattimura Tahun 2022 dilaksanakan di Lantamal IX Ambon.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni Dr. J. Madubun, M.Si saat diwawancarai media ini mengatakan bahwa, Lantamal IX Ambon dipilih menjadi tempat pelaksanaan DIKLATSAR bagi Calon Resimen Mahasiswa (MENWA) Universitas Pattimura tahun 2022, dengan harapan Mahasiswa dapat memahami jati diri sebagai anak bangsa dan memahami Maluku sebagai Provinsi Kepulauan.

“Atas nama pimpinan Universitas Pattimura, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kesediaan Komendan Lantamal IX Ambon beserta seluruh jajaran yang tersedia untuk menerima mahasiswa kami berlatih disini, dan berharap semoga pembangunan tidak terbatas pada DIKLATSAR tapi juga kegiatan lain yang muncul di atas laut , pantai dan pulau yang kita miliki sebagai bagian dari cinta tanah air dan upaya tumbuhnya sikap bela negara di kalangan mahasiswa Universitas Pattimura“. Tandasnya.

Erick/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!