spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahProvinsi MalukuHadiri Konsultasi Publik 1 RTRW, Siamiloy : Kalau Mau Maju, Maluku Harus...

Hadiri Konsultasi Publik 1 RTRW, Siamiloy : Kalau Mau Maju, Maluku Harus Siap Pemekaran

RekamFakta.com, Maluku Barat Daya – Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Barat Daya (MBD), Drs. Alfonsius. Siamiloy Menyebutkan bahwa Maluku harus dimekarkan jika ingin beranjak dari kemiskinan.

Hal itu diungkapnya dalam acara Konsultasi Publik 1 Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Swissbel-hotel Ambon, Kamis 27/01/2022 sore.

“Kita orang Maluku ini pasti ingin maju sama seperti provinsi lain, tapi kita juga harus mengetahui hambatan kita, luasnya wilayah menjadi salah satu hambatan kita, makanya harus ada yang jadi provinsi baru di Maluku,” ucap Siamiloy.

Ia melanjutkan, saat ini sudah ada beberapa wilayah di Maluku yang siap untuk dimekarkan menjadi provinsi sendiri.

“Yang kita ketahui saat ini, itu Maluku Tenggara Raya, meliputi Aru, Maluku Tenggara, Tual, KKT, dan MBD, itu karena luasnya wilayah kita,” ujarnya.

Selain itu menurutnya, di dalam wilayah Maluku Tenggara Raya ada beberapa kabupaten yang memang harus dimekarkan.

“Didalam wilayah itu juga ada Kabupaten – kabupaten yang siap untuk dimekarkan,” kata Siamiloy.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini Wilayah Papua direncakanan akan dibagi menjadi 7 Provinsi, Maluku pun harus mau dimekarkan jika ingin maju.

“Papua saja rencananya sudah mau terbagi jadi 7 provinsi, jadi kita juga harus berjuang, karena kunci keberhasilan adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Diketahui, akibat rencana proyek Strategis negara yang rencananya akan dibangun di Maluku, membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Konsultasi Publik terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2022-2042.

Menurut Kepala bidang Tata Ruang PUPR, Annie Liesye Labobar, RTRW Provinsi Maluku dengan Perda nomor 16 tahun 2013 direvisi karena terjadi perubahan struktur dan pola ruang yang terjadi di Maluku.

Erick/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!