spot_img
4.6 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaDaerahBoalemoJelang Idul Adha Pemkab Boalemo Gelar Adat Tonggeyamo

Jelang Idul Adha Pemkab Boalemo Gelar Adat Tonggeyamo

52 / 100

Rekamfakta.com, Kabupaten Boalemo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo gelar Adat Tonggeyamo jelang Idul Adha. di Rumah Dinas Jabatan Bupati Boalemo. Sabtu, 09/07/2022.

Kegiatan Tonggeyamo tersebut dihadiri lansung Oleh Penjabat Bupati Boalemo, Dr.Hendriwan M.Si , Sekretaris Daerah , Dr.Sherman Moridu S.Pd MM, Kapolres Boalemo, AKBP. Deddy Herman S.IK, Pimpinan OPD, para pemangku adat.

Ketua DPRD Kabupaten Boalemo Karyawan Eka Putra Noho,S.Sos ,Ketua MUI Kabupaten Boalemo Luqmanul Hakim Abubakar, Lc. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Boalemo di wakili Amin Mohune, S.Ag, Ketua Adat Kabupaten Boalemo Hisyam Tambiyo S.Sos, Unsur Forkopimda, Ketua TP.PKK Kabupaten Boalemo

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Boalemo Dr. Drs. Hendriwan, M.Si menyampaikan bahwa prosesi sidang adat tonggeyamo yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah bersama para tokoh adat dilakukan sebagai penetapan 10 Dzulhijah 1443 Hijriah yang telah disampaikan menteri Agama Republik Indonesia, yang mana sebelumnya dilakukan Hisab dan Rukyatul hilal oleh Dirjen Bimas Islam.

Prosesi sidang adat Tenggeyamo merupakan adat Gorontalo yang dilakukan secara turun temurun dan dipelihara. Sidang adat tonggeyamo ini dilakukan sebagai pengumuman kepada masyarakat oleh khalifah di setiap daerah di wilayah Provinsi Gorontalo yang disimbolkan adat bersendika syara, syara bersendikan kitabullah.

“Jadi saya berharap melalui prosesi sidang adat tanggeyamo ini, marilah kita berbuat yang terbaik untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Boalemo menuju kearah yang lebih baik.” Pintanya

Tak hanya itu, Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan, juga menyerahkan panduan khutbah kepada Qadli Boalemo, Mahyudin Pusi, sebagai petugas khotib pada pelaksanaan sholat Idul Adha.

RF/Ovhy Igirisa

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!