spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahKab GorontaloParah...!!! Limbah Medis Berserakan di TPA Talumelito Gorontalo

Parah…!!! Limbah Medis Berserakan di TPA Talumelito Gorontalo

Rekamfakta.com , Kabupaten Gorontalo (Kabgor) – Parah, banyaknya limbah medis berupa jarum suntik dan botol infus ditemukan berserakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, yang berlokasi di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo , Pada Jumat kemarin (6/05/2022).

Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi pemerintah, tenaga kesehatan dan instansi terkait lainnya terhadap bahaya limbah medis bisa berakibat fatal.

Betapa tidak, bahwa limbah B3 tersebut suatu buangan atau limbah yang sifat dan konsentrasinya mengandung zat yang beracun dan berbahaya sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia serta organisme lainya.

Namun di Gorontalo sendiri, limbah yang sangat berbahaya itu, dengan secara sengaja dibuang di tempat pembuangan sampah biasa.

Dari informasi yang dihimpun media ini, limbah medis seperti jarum suntik dan botol infus yang berserakan serta sudah bercampur dengan plastik biasa itu sering dikumpul oleh para pemulung sampah, untuk diperjual belikan tanpa ada rasa takut akan bahaya limbah medis.

Dari pengakuan warga, bahwa limbah medis tersebut, didapatkan dari hasil buangan mobil sampah milik fasilitas pelayan kesehatan. Hal tersebut diduga sudah berlangsung lama.

“Memang so lama bagitu pak, itu oto jaga muat kamari di sini, deng itu so tacampur deng sampah-sampah lain.” Kata warga sekitar yang sering melihat secara langsung

Semtara itu, tim media ini masih terus menelusuri bahwa limbah medis yang sengaja dibuang di TPA tersebut, berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan mana.???

RF/Neffly

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!