spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahProvinsi GorontaloPT. PLN UPDK Gelar Apel Siaga Bulan K3 Nasional Unit Pelaksana Pengendalian...

PT. PLN UPDK Gelar Apel Siaga Bulan K3 Nasional Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Gorontalo

Rekamfakta.com, Provinsi Gorontalo – Tanggal 12 Januari sampai 12 Februari 2022 diperingati sebagai Bulan K3 Nasional. Dalam memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2022 tersebut, PT PLN (Persero) UPDK Gorontalo mengusung tema dari Kemenaker RI yaitu “Penguatan Budaya K3 pada Setiap Proses Bisnis Kelistrikan Untuk Mewujudkan Zero Accident di Era Digitalisasi”.

Hal ini menjadi komitmen seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Gorontalo, termasuk PLN UPDK Gorontalo. PT PLN (Persero) UPDK Gorontalo juga sudah melaksanakan Vaksinasi Bersama, yakni Vaksin Booster untuk pegawai, keluarga pegawai, dan tenaga alih daya.

IMG 20220220 WA0010

“UPDK Gorontalo mengikuti Kegiatan terpusat untuk memperingati Bulan K3 Nasional pada lingkup PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi dan menyabet juara dari beberapa kegiatan lomba tersebut,” ucap Adi Seto Yuwono selaku Pejabat Pelaksana K3 PLN UPDK Gorontalo.

“Kami juga mendapatkan penghargaan nihil kecelakaan kerja dari Pemerintah Provinsi Gorontalo,” sambungnya lagi.

IMG 20220220 WA0009

Kegiatan bulan K3 Nasional ditutup dengan pelaksanaan Apel Bulan K3 Nasional yang
dipimpin langsung oleh Manajer PLN UPDK Gorontalo Gatut Pujo Pramono di halaman kantor PLN UPDK Gorontalo dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. H. Idris Rahim, M.M. sebagai pembina Apel, pejabat pengawas ketenagakerjaan, serta perwakilan Instansi di lingkungan Provinsi Gorontalo dan utusan dari sejumlah perusahaan.

Kegiatan Apel tersbut dirangkaikan dengan penandatanganan Komitmen Implementasi K3 kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Kerja oleh HIPGABI (Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia) guna menambah wawasan akan pentingnya penanggulangan situasi Gawat Darurat yang terjadi di lingkungan kerja.

IMG 20220220 WA0011
Wagub Saat Memimpin Apel

Menteri Ketenagakerjaan RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. H. Idris Rahim, M.M. menyebutkan bahwa K3 menjadi salah satu substansi yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan pelaku usaha mempunyai tingkatan risiko dan berpengaruh terhadap perizinan berusaha.

“Apabila usaha tersebut memiliki risiko yang tinggi, maka diperlukan izin. Namun jika risikonya rendah, maka hanya diperlukan pendaftaran usaha dengan tetap melaksanakan standar K3,” ujar mantan Sekda Provinsi Gorontalo ini.

IMG 20220220 WA0008
Simulasi Pertolongan Saat Kecelakaan Kerja

Wagub juga berpesan untuk meningkatkan kesadaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada setiap aspek pekerjaan pada instansi masing-masing.

“Semua institusi agar memperhatikan K3 ini, agar supaya dalam pelaksanaan pekerjaan tidak akan terjadi kecelakaan,” tutup Dr. Drs. H. Idris Rahim, M.M.

(0N4L/RF)

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!