spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahProvinsi MalukuSoal Pembayaran Gaji Ketiga Belas, Bank Maluku Cabang Tual dinilai Tak Patuhi...

Soal Pembayaran Gaji Ketiga Belas, Bank Maluku Cabang Tual dinilai Tak Patuhi Aturan Pemerintah

7 / 100

RekamFakta.com, Tual, Provinsi Maluku – Bank Maluku Cabang Tual dinilai tidak patuhi Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2022 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022. serta Surat Pengumuman PT. Taspen Nomor, PUM-1/DIR.3/062022. tentang Pembayaran Gaji ketigabelas Tahun 2022.

Hal ini sampaikan oleh M. Saifudin Zuhry . B. (Pensiunan Pemkot Tual, Tahun 2021) kepada Media ini saat ditemui di kediamannya.

Menurut Nanang Bandjar sapaan akrabnya, Dirinya merasa kecewa dengan Pelayanan dari pihak Bank Maluku cabang Tual, dimana saat Dirinya Pergi ke Bank Maluku Cabang Tual untuk mengambil Gaji Ketiga belasnya tetapi dari pihak Bank Maluku Cabang Tual mengatakan bahwa Gaji ketigabelasnya diblokir untuk pembayaran sisa satu kali cicilan kredit.

“Jadi sejak tagal 2 Juli sampai dengan 6 Juli 2022 saya cek gaji ketiga belas ke ATM namun Gaji tigabelas belum juga masuk, maka tanggal 7 Juli 2022 saya ke Bank Maluku cabang Tual tanyakan ke Bagian Kredit, dan saya diarahkan ambil ke Teller, setelah antri di teller kurang lebih 30 menit petugas teller katakan dananya diblokir dan mengarahkan saya kembali ke bagian Kredit dan saya kembali ke bagian kredit kemudian diarahkan lagi untuk ketemu dengan staf bagian administrasi yang ternyata tidak masuk kantor. Saya berusaha hubungi staf administrasi via telephon dan mendapat jawaban bahwa pak kalo terkait kredit bukan urusannya, langsung saja dengan bagian kredit”. Tutur Bandjar

Pada hari Kamis tanggal 7Juli 2022 kembali saya ketemu bagian kredit dan dijelaskan bahwa Gaji tigabelas saya dipakai menutup sekali cicilan. Lalu saya mencoba berikan penjelasan bahwa Gaji Tigabelas Pensiunan tidak boleh dipakai untuk membayar cicilan/Iuaran apapun di Bank sesuai Peraturan perundangan yang berlaku, namun yang bersangkutan tetap ngotot dan akhirnya berdalih menunggu Pimpinan Cabang yang rencana tiba hari senin tgl 11 Juli 2022 dan disarankan hari selasa tgl 12 juli saya kembali untuk bicarakan langsung dengan Pimpinan Cabang.

Hari selasa saya kembali ketemu bagian kredit dan tanyakan Pimcab tetapi ternyata Pimcab belum datang, kemudian saya tanyakan bagian kredit kenapa masalah ini tidak bisa hubungi Pimcab via telephon saja..? namun jawabnnya tidak bisa dihubungi. dan sampai hari ini tgl 25 Juli 2022 Pimpinan Bank Maluku Cabang Tual belum ada di Tual.

“jadi sampai kapan Gaji 13 saya bisa dibayar Bank Maluku Cabng Tual ? tutur Nanang Bandjar, sedikit kesal.

Nanang Bandjar Menjelaskan bahwa Ini berawal dari Pencairan THT bulan September 2021, Dirinya diberitahu oleh bagian kredit Bank Maluku Cabang Tual bahwa uang Taspen sudah masuk silahkan datang ambil.

kemudian saya datang ketemu bagian kredit dan sebaian dana itu dipakai untuk melunasi hal -hal lainnya termasuk diblokir sekali cicilan. ini pak yang bisa bpk terima setelah diblokir sekali cicilan, kata bagian kredit sisanya silahkan bpk ambil.

Saya sempat tanya kok gaji pensiun Agustus dan SEPTEMBER blom masuk.? jawab bagian kredit iya blom masuk.Ternyata disitulah sumber masalah Gajiketiga belasa saya di pakai untuk membayar sekali angsuran, karena setelah dikonfirmasi ke pihak Taspen, dijelaskan sdh dicairkan bersamaan dana THT. kalau begitu siapa yang salah.? tanya Nanang

Dirinya pun telah memberikan solusinya agar sisa gaji pensiunnya saja yang diambil untuk menutupi sekali cicilan, namun pihak bagian kredit tak bergeming, kita tunggu Pimcab datang kata bagian kredit.

” Beberapa kali saya bolak-balik untuk menemui bagian Kredit tetapi mereka beralasan bahwa tunggu Pimpinan cabang datang dan terkesan tidak memberikan respon yang baik”, tambahnya

Menurut Bandjar Pihak Bank Maluku Cabang Tual khususnya bagian kredit dinilai lalai kerena tidak Konfirmasi ke Pihak Taspen saat pencairan dana THT pensiunan atas nama M. Saifudin Zuhry Bandjar.

IMG 20220725 143528

Jadi solusinya pihak Bank Maluku Cabang Tual seharusnya mengambil sisa gaji pensiun saya setiap bulan untuk menutupi kelalaian mereka membayar satu kali cicilan saya, jangan di potong dari Gaji ketiga belas, itu pelanggaran namun pihak Bank Maluku cabang Tual beralasan tunggu Pimpinan cabang dulu.

“tetapi sudah dari tanggal 5 July sampai hari ini pimpinan cabang belum juga tiba Jadi saya mau tunggu sampai kapan.? ucapnya agak kesal,

“aturannya Gaji ketiga belas itu untuk tunjangan biaya pendidikan, dilarang untuk dipotong dalam bentuk apapun”. Sambungnya.

Terakhir Bandjar juga mengatakan bahwa jika Pihak Bank Maluku Cabang Tual tidak Membayar Gaji ketiga belasnya dalan pejan ini maka Dirinya akan membawa masalah ini ke jalur hukum.

“Dalam waktu dekat jika tidak ada niat baik dari pihak Bank Maluku cabang Tual terkait dengan pembayaran gaji ketiga belas maka saya akan akan mencari keadilan melaporkan masalah ini pada pihak yang berwajib”. Tandasnya

Sampai berita ini dipublis awak media ini mendatangi pihak Bank Maluku untuk meminta konfirmasih terkait permasalah tersebut namun respon dari Pihak Bank Khusunya Bagian kredit terkesan menghindar dan tidak memberikan konfirmasi dengan alasan Pimpinan cabang belum tiba.

Perlu diketahui bahwa Sesuai dengan Surat Pengumuman PT. Taspen Nomor, PUM-1/DIR.3/062022. Tentang Pembayaran Gaji ketigabelas Tahun 2022 Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022 tentang pemberian tunjangan hari raya dan gaji ketiga belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima tunjangan tahun 2022, serta surat Direktur Sistem Pembendaharaan NomorS-184/PB .7/2022 tanggal 19 Juni 2022 tentang petunjuk teknis pembayaran gaji ketiga belas pensiunan, penerima pensiun, penerima tunjangan tahun 2022, bersama ini diberitahukan kepada BPK/Ibu pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan hal – hal sebagai berikut ;

  1. Pembayaran Gaji ketiga belas kepada pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2022 di lakukan tanggal 1 Juli 2022 dengan ketentuan sebagai berikut ;
  • Besaran Gaji ketiga belas tahun 2022 didasarkan komponen penghasilan yang di bayarkan pada bulan Juni tahun 2022 yang terdiri atas pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tambahan penghasilan.
  •  Gaji ketiga belas pensiun, penerima tunjangan tahun 2022 tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain kecuali dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan di tanggung pemerintah.

Erick/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!