spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahKota GorontaloCeceran Limbah B3 di RS Islam, Nurindah Panai : Itu Murni Human...

Ceceran Limbah B3 di RS Islam, Nurindah Panai : Itu Murni Human Error

Rekamfakta.com, Kota Gorontalo – Tim investigasi yang terdiri dari beberapa media, Kembali menemukan temuan Limbah B3 yang berserakan di salah satu Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di Gorontalo. Tepatnya di Rumah Sakit Islam yang terletak di jalan Hb Jassin, kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Limbah medis yang dijumapai berserakan di RS Islam tersebut berupa jarum suntik dan botol infus.

Shandy Ferdiansyah, selaku Kasie Umum Dan Logistik Rumah Sakit Islam ketika diwawancarai mengatakan, pihaknya sudah memilah Limbah medis tersebut sebelum dibawah ke TPS (Tempat Pembuangan Sementara).

“Sebelum Limbah tersebut dibawah ke TPS, itu memang dari ruangan sudah kami pilah, limbah infeksius, non infeksius, dan limbah tajam”, Jelas Shandy.

Ketika ditanya terkait Limbah B3 yang berserakan, dirinya mengatakan itu mungkin saja tercecer ketika dilakukan pengangkutan oleh cleaning service ke TPS.

“Itu bisa jadi tercecer ketika diangkut petugas ke TPS, karena sebelum dibawah ke TPS itu sudah kami pilah, bahkan tiap pagi itu kami cek kembali jangan sampai ada limbah infeksius yang tercampur dengan non infeksius, kalau ada yang tercampur kami suru angkat, karena kalau tercampur akan menambah berat limbah infeksius yang akan dibawah oleh pihak ketiga”, Kata Shandy

Menurut pihak RS, bahwa limbah medis yang dihasilkan setiap 3 bulan itu kurang lebih hanya 43 kg. RS Islam pun telah menggunakan jasa pihak ketiga untuk pengkutannya, yang setiap 3 bulan sekali diangkut ke luar daerah.

IMG 20220524 WA0011
Foto : Plt Direktur di RS Islam, dr. Dewi Nurindah Panai

Sementara itu, Plt Direktur Rumah Sakit Islam, dr. Dewi Nurindah Panai kepada Awak Media menjelaskan, bahwa bisa saja terjadi kelalaian dari oknum petugas khusus yang menangani limbah medis itu tidak disengajakan.

“ Nah, kalau itu murni human error karena kurang hati-hati petugasnya, kalau memang kesannya sengaja dibuang maka kenapa cuma satu, kenapa nggak dibuang aja semua, mungkin diantara sekian banyak yang diangkut ada satu dua buah yang tercecer dan ini akan jadi bahan evaluasi kami,” terangnya.

Dirinya juga berterimakasih kepada wartawan atau media yang sudah mengingatkan akan pentingnya persoalan Limba B3. Plt Direktur di RS Islam itu juga mengatakan bahwa terkait pengelolaan limbah medis yang ada di RS islam akan diupayakan yang terbaik agar kedepan tidak terjadi lagi hal-hal yang seperti ditemukan oleh media terkait ceceran limbah medis

“Kami berterima kasih, karena telah diingatkan bahwa pentingnya untuk menjaga limbah” Tutur Indah

RF/Rachmad

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!