spot_img
4.6 C
New York
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaDaerahBoalemoPemkab Boalemo Bahas Masalah Banjir Yang Sering Melanda Ibu Kota

Pemkab Boalemo Bahas Masalah Banjir Yang Sering Melanda Ibu Kota

Rekamfakta.com, Kabupaten Boalemo – Bupati Boalemo Ir.Anas Jusuf, M.Si dihadapan Pihak Balai Wilayah Sungai sulawesi II Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwa penyebab banjir diwilayah ibu kota Boalemo, khususnya di Desa Mohungo Kecamatan Tilamuta, diakibatkan adanya luapan sungai Tohulito dan luapan sungai Ba’ala serta penggundulan lahan pertanian yang digarap sebagian masyarakat Mohungo dan sebagian desa Lahumbo.

Hal demikian disampaikan Anas Jusuf pada saat menghadiri rapat koordinasi tentang pembahasan penanganan banjir di pusat Kota Boalemo dan penanganan pendangkalan area Pelabuhan Tilamuta, bertempat di ruang vicon Kantor Bupati, Kamis 10/3/2022.

Rapat tersebut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho, S.Sos, Wakil Ketua 1 DPRD Lahmudin Hambali, S.Sos, M.Si, Asisten II Fatlina Podungge, Kadis PUPR Supandra Nur,ST, Camat Tilamuga Ruslin Limalo,S.Pd, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Provinsi Gorontalo, Syahndar Tilamuta, Pimpinan OPD terkait dan Kepala-kepala Desa yang desanya terdampak banjir.

IMG 20220321 WA0016
Jajaran Pemkab Boalemo Saat Mengikuti Rapat

Adapun Langkah-langkah yang akan diambil oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo untuk mengatasi penanganan banjir tersebut, akan melakukan normalisasi sungai tohulito, melakukan pembuatan tanggul sungai tohulito, pembuatan embung sungai Ba’ala dan pembuatan sudetan.

Tetapi dalam penanganan banjir ini, Pemkab Boalemo hanya melakukan pembebasan lahan, dan yang melaksanakan pekerjaan Balai wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo dan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“ Sehingga itu, saya berharap kepada masyarakat, khususnya masyarakat desa Mohungo agar mendukung Pemerintah Daerah dalam mengatasi penanganan banjir di Desa Mohungo,terutama pembebasan lahan pembuatan embung sungai Baala dan sudetan.Kalau ini sudah dilaksanakan, mudah-mudahan desa mohungo akan terbebas dari bencana banjir.” Pungkas Anas

RF/Yanto

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!