spot_img
4.6 C
New York
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_img
BerandaBencana AlamRachmat Gobel Minta Perbankan Jangan Hanya Memberi Kredit, Tapi Juga Melatih Skill...

Rachmat Gobel Minta Perbankan Jangan Hanya Memberi Kredit, Tapi Juga Melatih Skill UMKM

spot_img

Rekamfakta.com, Provinsi Gorontalo – Wakil Ketua DPR-RI DR. H. Rachmat Gobel melakukan Reses hari ke-2 di Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo bersama para Petani dan Pelaku UMKM serta beberapa Koperasi binaan dan turut dihadiri oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Tak hanya Bupati Gorontalo, kegiatan ini pula dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso yang diundang secara khusus oleh Wakil Ketua DPR-RI DR. H. Rachmat Gobel.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPR-RI Rachmat Gobel yang biasa disapa Kakak RG ini menyampaikan bahwa Presiden Jokowi juga sangat peduli untuk memberantas kemiskinan dan memperkuat UMKM.

IMG 20211013 WA0064
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo

“Kita harus ada solusi nyata untuk menghilangkan kemiskinan. Kita juga harus memiliki visi yang sama bahwa UMKM harus kuat. Karena UMKM itu menyerap tenaga kerja yang besar dan juga fondasi ekonomi nasional,” ujar RG putra asli Gorontalo ini.

Rachmat Gobel mengingatkan agar Perbankan melakukan pembinaan kepada UMKM agar usaha sehat dan berkualitas serta produknya juga bagus.

“Jadi jangan hanya memberikan kredit, tapi juga membina skill mereka juga, Pembinaan itu, termasuk kemampuan UMKM untuk memasuki ekonomi digital. Selain itu, produk UMKM juga harus bisa menjadi produk global,” sambungnya lagi.

Wakil Ketua Dpr Ri Rachmat Gobel Mengusulkan Agar Kredit 211013193557 742
Wakil Ketua DPR-RI DR. H. Rachmat Gobel Saat Menanam Padi Di Sawah Bersama Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso

Oleh karena itu, Rachmat Gobel mengusulkan agar kredit macet dibawah 10 juta untuk bisa diputihkan karena banyak usaha dari Pelaku UMKM yang tutup dan gulung tikar karena sangat besarnya dampak akibat dari wabah Pandemi COVID-19 yang akan memasuki tahun kedua ini.

IMG 20211013 WA0116
Staf Khusus dr. Charles Budi Doku, Staf Ahli Dr. Rustam Akili, Kadis Pertanian Kabgor Rahmat Pomalingo Dan Direktur Bank Sulut Go Jusuf Husain

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan hal itu sebenarnya menjadi perhatian semua pihak, karena untuk Bank milik Swasta prosesnya sederhana.

“Tapi bagi Bank milik Negara menjadi rumit karena sudah ada masalah hukum, karena ada pada undang-undang keuangan. Karena hal ini menjadi Kerugian Negara, jadi aturannya dihapus dulu dari undang-undang,” ungkap Wimboh.

Meskipun begitu, Ketua Dewan Komisioner OJK ini mengusulkan bahwa sebenarnya UMKM bisa mendapat kredit jika usaha mikro mereka terkena dampak pandemi COVID-19 atau bencana, dan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), Pemerintah juga telah memberikan subsidi bunga kredit sebesar 6 persen. Selain itu juga ada subsidi bunga kredit sebesar 3 persen untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).IMG 20211013 WA0065

Rachmat Gobel juga menjelaskan bahwa UMKM itu bukan hanya pedagang dan industri rumah tangga, tapi juga termasuk Pertanian penggemar Perikanan.

“Mereka adalah petani pejuang. Pejuang pangan. Mereka adalah investor lokal, Petani adalah Aset Nasional. Mereka telah menjaga kehormatan Bangsa dengan menyediakan pangan untuk Bangsa,” tutup Rachmat Gobel.

(0N4L/RF)

Baca Juga

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN PROV/KABUPATEN/KOTA

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

IKLAN PARTAI

spot_img
spot_img

IKLAN DPRD PROV/KABUPATEN/KOTA

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

IKLAN BANK/INSTANSI LAINNYA

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

IKLAN TNI/POLRI

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

IKLAN KECAMATAN

IKLAN DESA

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!