spot_img
4.6 C
New York
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaUncategorizedTerkait Konflik Kariuw - Ori, Ronald Kneefel ; Masyarakat jangan Mudah Terprovokasi

Terkait Konflik Kariuw – Ori, Ronald Kneefel ; Masyarakat jangan Mudah Terprovokasi

RekamFakta.com, Maluku – Peristiwa memilukan yang terjadi di Negeri Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah, yang berakibat pada hilangnya harta  bahkan nyawa,  hal ini direspon oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Maluku, Ronald Kneefel, SH.

Saat dihubungi Media Ini, Rabu 26/01/2021, Kneefel meminta masyarakat Maluku harus menahan diri, dan menyerahkan persoalan yang terjadi ke pada aparat penegak hukum.

Menurutnya, sudah semestinya masyarakat Maluku, khususnya desa atau negeri yang bertikai belajar dari pelajaran masalah lalu. Menyelesaikan setiap persoalan dengan berkepala dingin, atau melalui jalur yang sudah sepantasnya.

IMG 20220126 WA0010

“ Maluku terkenal dengan budaya pela gandong, jangan mau di adu domba, segala persoalan yang terjadi haruslah diselesaikan dengan kepala dingin,” tuturnya.

Untuk itu dia berharap agar peristiwa memilukan yang terjadi di Negeri Kariuw dengan desa lainnya harus disikapi tokoh agama dan tokoh adat, sehingga tidak ada potensi ditunggangi pihak lain.

“ Jangan mau ditunggangi pihak lain, jangan maudah terprovokasi. Negara kita negara hukum ada pelaksana hukumnya, baiknya diserahkan ke pihak berwajib,” ucapnya.

Terakhir Kneefel menghimbau agar masyarakat Maluku harus menjadi agen – agen perdamaian untuk membangun Maluku untuk maju. Karena konflik yang terjadi tidak membawa dampak baik, justru sangat merugikan.

Erick/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!