spot_img
4.6 C
New York
Jumat, Desember 9, 2022
BerandaDaerahProvinsi GorontaloBulan Agustus NTP di Provinsi Gorontalo Turun

Bulan Agustus NTP di Provinsi Gorontalo Turun

8 / 100

Rekamfakta.com, Provinsi Gorontalo –  Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Gorontalo pada bulan Agustus 2022 mengalami penurunan sebesar -0,32 persen dibandingkan NTP pada bulan Juli.

“Penurunannya dari 103,53 menjadi 103,20, hal ini berdasarkan hasil pemantauan harga-harga perdesaan,” ungkap Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhammad Mukhanif, Kamis (1/9/2022).

Penurunan NTP terjadi hampir di semua subsektor pertanian seperti tanaman pangan, tanaman perkebunan rakyat, peternakan dan perikanan.

“Tanaman pangan sebesar -0,30 persen, tanaman perkebunan rakyat -1,92 persen, peternakan -0,20 persen dan perikanan -0,49 persen, sementara subsektor hortikultura mengalami kenaikan mencapai 1,36 persen,” imbuhnya.

Lanjut dia, penurunan ini disebabkan oleh turunnya indeks harga hasil produksi pertanian lebih tinggi dibandingkan dengan penurunan pada indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga.

“Maupun untuk keperluan produksi pertanian,” sambung Mukhamad.

Ia menambahkan, dari 10 provinsi dibagikan timur Indonesia, 5 provinsi mengalami kenaikan NTP.

“Kenaikan NTP tertinggi pada bulan Agustus 2022 terjadi di Sulawesi Barat sebesar 6,99 persen. Sementara tertinggi adalah di provinsi Sulawesi tengah sebesar -1, 07 persen,” tutupnya.

Riski/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!