spot_img
4.6 C
New York
Jumat, Desember 9, 2022
BerandaDaerahProvinsi GorontaloLSM Green Leave Angkat Bicara Terkait Dengan Temuan Limbah Medis di TPA...

LSM Green Leave Angkat Bicara Terkait Dengan Temuan Limbah Medis di TPA Talumelito

Rekamfakta.com , Gorontalo – Terkait dengan temuan limbah medis berupa jarum suntik dan botol infus di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, yang berlokasi di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo , Pada Jumat kemarin (6/05/2022). Telah mendapat tanggapan dari Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo yang juga telah meninjau dan memastikan informasi tersebut dengan bertemu pengelola TPA Talumelito.

“Hari ini kami memastikan sesuai apa yang sudah diberitakan oleh media online, dan kami turun bersama pengelola TPA, itu tidak menemukan adanya sampah medis” Ungkap Anggota Komisi IV, Adnan Entengo , Senin (9/5/2022). dilansir dari Pojok6.co

Adnan Entengo melalui Pojok6, juga meminta media online yang telah memberitakan informasi tersebut, untuk melakukan klarifikasi dan bertanggung jawab atas informasi yang sudah dipublikasikan.

“Mudah-mudahan ini merupakan antisipasi untuk mengklarifikasi, karena kalaupun ada ditemukan limbah seperti ini, itu pastinya mudah dideteksi, darimana sumbernya dan darimana sumber daripada limbah itu”, Harapnya.

Sebelumnya, beberapa media Online termasuk Rekamfata.com telah memuat berita terkait temuan limbah B3 di TPA talumeleto.

Baca Juga :

Parah…!!! Limbah Medis Berserakan di TPA Talumelito Gorontalo

Parah…!!! Limbah Medis Berserakan di TPA Talumelito Gorontalo

Demikin juga pernyataan dari Hidayat Lanti yang selaku Koordinator lapangan TPA, bahwa masuknya sampah ke TPA Talumelito, selalu diawasi dengan baik sesuai prosedur. Pihaknya pun sudah berupaya menyurati beberapa Rumah Sakit maupun klinik, agar limbah B3 tidak dibuang di TPA itu. Kepada awak media, Hidayat menyatakan apabila kedapatan, maka pihaknya akan memutus kontrak dengan RS atau Klinik untuk tidak bisa lagi membuang sampah mereka ke TPA.

Sementara itu, LSM Green Lave Anto Margarito mengatakan, soal temuan limbah B3 di TPA Talumelito itu bukan hanya kali itu saja. Temuan terkait limbah medis di TPA, sudah sejak tahun 2021.

“ Seperti diberitakan oleh teman media 2021 kemarin, namun sampai saat ini tidak ada tindakan jelas dari pihak terkait, soal bahaya dari limbah tersebut jelas sangat mengancam kehidupan masyarakat yang ada di lokasi tersebut. Ingat lho, hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan salah satu bentuk hak asasi sebagaimana diatur dalam UUD 1945. ” Beber Anto

Anto juga menambahkan, Dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 juga diatur bahwa setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

“Nah, bagaimana soal pengawasan atau penindakan oleh instansi terkait, jadi yang kita butuhkan proses hukum bagi siapa saja yang sengaja memanfaatkan ketidak tahuan masyarakat disekitar TPA, dan yang dengan sengaja membuang sampah medis lokasi TPA, Tanggung jawab pemerintah ada disitu. ” Tegas Anto

Rachmad/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!