spot_img
4.6 C
New York
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaDaerahBoalemoMomen 23 Januari, Tanda Penghargaan Kepada Pahlawan Gorontalo

Momen 23 Januari, Tanda Penghargaan Kepada Pahlawan Gorontalo

Rekamfakta.com Boalemo – Tepat pada tanggal 23 Januari, adalah Hari Patriotik, yang mana pada 23 Januari 1942 disebut juga sebagai Hari Proklamasi Gorontalo. Hari itu merupakan momen bersejarah bagi rakyat Gorontalo dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Proklamasi ini dilaksanakan tepatnya 3 tahun lebih awal dari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta tahun 1945 oleh Soekarno dan Moh Hatta.

Juga tepat 23 januari 1942, Pahlawan Gorontalo Nani Wartabone didampingi oleh Kusno Danipoyo, memproklamirkan Kemerdekaan Gorontalo.

Dengan tidak melupakan sejarah, pemerintah khusunya Kabupaten Boalemo dibawah kepemimpinan Ir. Anas Jusuf, melaksanakan Upacara peringatan Hari Kemeredekaan Gorontalo yang tepat pada tanggal 23 Januari.

Bertempat di rudis Bupati Boalemo, Ir.Anas Jusuf, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Dr. Sherman Moridu, S.Pd, MM, para Asisten dan Pimpinan OPD menerima Bendera Duplikat 23 Januari. Jumat, 21/1/2022.

Sebelumnya, Bendera duplikat 23 Januari itu, diterima oleh Asisten I, Roswita Manto dari Pemerintah Kabupaten Pohuwato di perbatasan Kecamatan Mananggu dan kemudian diarak di Wilayah Kabupaten Boalemo menuju rumah dinas Bupati.

IMG 20220122 WA0001

Pada kesempatan itu, Bupati Anas Jusuf menyampaikan, Arak-arakan bendera pusaka ini, sebagai tanda bahwa memperingati Hari Kemerdekaan Provinsi Gorontalo yaitu Hari Patriotik yang jatuh pada tanggal 23 januari 2022. “Karena kita tahu bahwa Gorontalo Merdeka 23 Januari 1942”.

Lebih lanjut Anas menyampaikan, Dimana upacara peringatan itu sebagai wujud penghargaan kepada para pahlawan Provinsi Gorontalo.

“ Peringatan ini sebagai tanda penghargaan kita kepada para pahlawan Provinsi Gorontalo, Nani Wartabone ”.

Harapannya dengan berdasarkan pada perjuangan para pahlawan Gorontalo hingga mendapati kemerdekaan 23 Januari 1942, Anas berpesan kepada para pemuda agar bisa dan lebih bersemangat dalam membangun Gorontalo ke arah positif.

Apriyanto/RF

Baca Juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Pasang Iklan Disini

OTHER STORIES

KOMENTAR TERBARU

error: Content is protected !!